Nationwide Shipping Across Indonesia
0
Your Cart

Freeze Coffee Bean

How To Freeze Coffee Beans


Hi Escaper’s di tengah ramai dan berkembangnya industri kopi di dunia dan yang pasti juga di indonesia, kita menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah penyimpanan kopi, semua ini terlepas akibat adalnya penurunan rasa dari hasil seduhan yang sudah kami lakukan test kurang lebih 1 bulan percobaan untuk mengetahui sebuah perbedaan dari perubahan rasa terhadap penyimpanan sebuah biji kopi, Freeze Coffee Beans adalah salah satu dari sekian banyak solusi untuk mempertahankan kualitas kopi.

Dalam test yang kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan, berikut adalah hasil dari test yang kami lakukan:

Valve Coffee Bag
Non-Valve Coffee Bag
Vacuum Canister
Non-Vacuum Canister

:
:
:
:

20-30 Hari (ada penurunan rasa dan aroma kopi di minggu ke-2)
20-30 Hari (ada penurunan rasa dan aroma kopi di minggu ke-2)
40-50 Hari (ada penurunan rasa dan aroma kopi di minggu ke-4)
20-30 Hari (ada penurunan rasa dan aroma kopi di minggu ke-1)

Apabila kalian peminum kopi yang cukup rutin, 2-3 gelas per hari, mungkin kopi yang kalian beli dengan ukuran 250gr akan habis dalam kurun waktu 1 minggu saja, tentu permasalahan mengenai penyimpanan bukanlah hal yang besar, maka kita menyarankan untuk kalian melakukan pembelian kopi dalam jumlah 250gr, untuk meminimalisir terjadinya permasalahan dalam penyimpanan kopi,

Namun kita punya solusi untuk kalian yang mungkin mau menikmati kopi di kemudian hari, biasanya sih kopi kopi mahal atau kopi yang mungkin idak dijual di indonesia, tentunya kalian gak mau langsung menghabiskan kopinya kan.

Freeze Coffee Beans / membekukan biji kopi adalah jawabannya, ada beberapa cara yang beredar diluar sana tentang bagaimana cara yang benar dalam membekukan biji kopi, namun kita menyimpulkan satu cara yang mudah dan praktis.

image source : baristainstitute.com

Teman-Teman cukup menyiapkan Vacuum Seal Bag atau Tube Cylinder Centrifuge jika kalian ingin re-usable. Kemudian kalian masukan kopi tersebut per dosing setiap seduhan kalian (contoh: 12.5gr), setelah itu jangan lupa untuk memberikan nama kopi dan juga tanggal roasting kopi tersebut di setiap bag/tube supaya memudahkan untuk membedakan setiap kopi yang akan disimpan nantinya.

Apabila kalian ingin menyeduhnya, kalian tidak perlu menunggu biji kopi tersebut kembali ke suhu ruangan, kami sarankan untuk langsung lakukan penggilingan/grind dan kemudian diseduh, tidak usah khawatir biji kopi akan keras sebaliknya biji kopi yang di bekukan akan lebih mudah pecah didalam grinder ketimbang dia ada disuhu ruangan/normal.

Metode freeze ini dapat mempertahankan rasa dan aroma pada kopi hingga 10 – 12 Bulan kedepan. Kenapa selama itu ?

Sama halnya seperti kita menyimpan buah, sayur ataupun daging dalam kulkas. Begitu juga seperti kopi, suhu dingin kulkas akan memperlambat penuaan yang menyebabkan hilangnya rasa dan aroma pada kopi, dan tentunya dibantu oleh minimnya udara yang terperangkap dalam kemasan yang digunakan (Vacuum/Tube) membantu memperpanjang rasa umur pada biji kopi tersebut.

Selamat mencoba Escaper’s !